Politic oh politic.

Seru itu kalo ngomongin masalah pemerintahan di Indonesia. Ga bakalan ada abisnya kalo berdebat masalah kaya gini. Gue paling suka kalo berdebat masalah ini, selain main sotoy2an juga mayandeh nambah pengetahuan.
Belakangan ini masalah yg lagi gempar itu... as you know, masalah kenaikan BBM. Entah apa yg mengharuskan mereka naikin harga BBM sehingga membuat ketakutan kejadian Semanggi 1998 keulang lagi. Ga terlalu tau sih sama masalah ini, soalnya ya gue baru 1tahun gitukan jadi apalah daya-_- Sepengetahuan gue, kejadian itu emang bener2 ricuh sampe ada penjarahan dimana2, pernah waktu itu kerusuhannya nyampe Bekasi dan ngejarah Hypermarket yg sekarang ini jadi Superindo. Itu asepnya sampe keliatan kerumah gue.... Dulu kalo ga salah mahasiswa pada demo karena Suharto gak turun2 pas masa kepemimpinannya. Iyalah wajar, gila dia jadi presiden berpuluh2 tahun dan ga turun2. Muaklah Indonesia.. Tapi ada sisi baiknya dulu Suharto jadi presiden, soalnya sekali ada orang yg berpendapat pasti langsung ditembak. Karena sekarang Indonesia jadi Negara Demokrasi, jadi semua orang bisa bebas berpendapat dan jadi semena2. (sikasik ilmu PKN-nya keluar).
Sebenernya masalah kenaikan harga BBM ini ada plus & minus nya. Ya coba aja kita ambil sisi positifnya, mungkin dikarenakan minyak bumi yg semakin dikit makanya harga BBM dinaikin supaya orang2 sadar dan bisa beralih naik kendaraan umum, selain ngurang2in kemacetan di Jakarta, sisi paling positifnya juga buat ngurangin polusi dan bantu cegah Global Warming. Sisi negatifnya itu mungkin emang bakal berpengaruh bgt buat kehidupan di Indonesia. Otomatis semua harga sembako bakal ikutan naik kan. Coba diliat ke orang2 yg ga mampu, untuk harga sehari2 aja mereka masih susah buat ngumpulin uangnya, ditambah lagi dengan naiknya BBM, makin melarat aja kan mereka. Kecuali kalo emang pendapatan perkapita di Indonesia emang tinggi. Cobadeh pemerintah2 Indonesia buat merakyat, buat ngeliat ke rakyatnya yg menengah kebawah, yg tinggalnya dipinggir jalan, yg hidupnya ga seberuntung mereka. Jangan cuma mikirin dan mentingin toilet yg harganya aja juga udah lumayan bgt buat ngebantu hidup orang2 itu. Gilak, mikir aja seberapa pentingnya sebuah toilet yg gunanya juga cuma buat buang kotoran doang dibanding masyarakat yg buat makan ajatuh susah gitu........ (duh gila gue berasa dewasa bgt ini><) Kadang suka kesel sendiri deh gue asli kalo lg ngomongin masalah pemerintahan gini-_- Kalo disuruh jadi Presiden gue juga gamau, soalnya gue tau betapa susahnya harus ngurusin berjuta2 makhluk yg bernafas disini, buat ngurusin diri gue aja susah apalagi ngurusin makhluk2 itu-_- Tapikan emang itu udah jadi kewajiban buat pemerintah, dia mau susah, gak cuma mikirin kesuksesannya dia yg sekarang, seberapa mewah hidupnya. Kemana presiden kita disaat masyarakatnya sibuk buat nyari perhatian dari pemimpinnya? Iyasih, perhatian sih perhatian, asal jangan sampe demo anarkis kaya gini. Mungkin, para demonstran itu rusuh karena emang pemerintahannya gapernah peka buat nyadar seberapa susahnya disaat sepeser rupiah itu susah bgt buat didapetin, makanya mereka rusuh buat nyari perhatian. Tapi ya bisakali gituya ga sampe sebrutal itu kalo emang mau demo, terutama buat para Mahasiswa. Mereka kan pasti punya pendidikan, seharusnya mereka tau sebagai masyarakat yg baik dan benar mereka harus kerjasama sama pemerintahan buat memajukan negaranya. Gue emang masih anak kecil yg sotoy dalam masalah kaya ginian, tapi kan ini juga jeritan suara hati masyarakat^^!
Belakangan ini banyak bgt dapet broadcast message dari orang2 tentang masalah ini, tapi cuma ada 2 BM yg emang menurut gue itu bener bgt, yg pertama isinya begini,
"Ada sedikit pesan dari saudara kita di Papua. Sudut pandang yg harus dibaca;
'Kami masyarakat Papua SETUJU kenaikan harga BBM. 6500/liter pun tak jadi masalah, yang penting POM bensin jangan kosong. Toh kami terbiasa membeli bensin eceran yang harganya 18.000 lebih. Hingga kalau kekosongan kami bisa beli bensin hingga 70.000/liter. Jadi kalian masyarakat Jawa, sebelum demo BBM naik, coba pikirkan nasib kami yang tinggal di daerah. Minyak kami kalian sedot untuk supply ke pulau Jawa, sedangkan kami kekosongan di POM bahkan sampai berminggu2 sudah hal biasa. Kalian di pulau Jawa kekosongan di POM baru 1 atau 2 hari sudah ribut luar biasa diliput media..."
Inget, meskipun kita rata2 tinggal di pulau Jawa, tapikan Indonesia bukan cuma punya 1 pulau. Bilangnya 'berbeda2 tetapi tetap satu' tapi kenyataanya, kita lebih mentingin diri kita tanpa mikirin mereka yg cuma kadang2 punya bahan bakar minyak.....
Nah 1 lagi adanih BM dari kakak gue, "Suara hati aparat keamanan: 'Kalau kami boleh demo, kami lebih depan daripada anda wahai mahasiswa. Kalau kami boleh bicara, kami bicara lebih lantang daripada anda wahai mahasiswa. Andai kalian tidak anarkis, kami tidak akan berdiri tegap menjaga objek vital negara, namun berangkulan dengan anda wahai mahasiswa. Apakah kalian tidak paham bahwa kami juga merasakan pahitnya jika harga melambung tinggi? Kalian fikir keluarga kami makan peluru? Stop demo anarkis! Dukung kami menjaga aspirasi damai tanpa kekerasan.." Peace^^v Pemikirannya kan cuma naik 1500 aja sampe ricuh bgt, seharusnya mahasiswa itu ngajarin yg bener ke orang2 kalo emang dia punya otak dan berpendidikan. Mereka ga pantes dibilang mahasiswa kalo cuma bikin demo yg ujung2nya anarkis. Tapi disisi lain, gue paling suka kalo nonton kericuhan kaya gini hahaha keren aja gitu, ada Bom Molotov nya, lempar2 batu dan yg identik dengan demo itu biasanya adalah ngerusakin pager-_-
Jadi..... sekarang gue gatau apalagi yg harus gue katakan, gue tidak tau harus membela siapa, siapa yg bener dan siapa yg salah udah sama2 gaada yg tau, sisi pandang orang2 beda2, gue netral dan tidak berpihak pada siapa2-_-  Kadang gue sudah benar2 bingung dengan jalan pemikiran pemerintahan di Indonesia, kadang emang Indonesia itu sangat membanggakan, tapi ada kalanya juga dimana kita harus ikut ambil suara dalam masalah pemerintahan kaya gini. Seandainya ucapan seorang anak kecil dapat didengar, gue akan menjadi anak kecil pertama yg menyampaikan seluruh keluh kesah dan ketidakpuasan pemerintahan ini B-) Ehtapi ga gitu jugasih, kadang juga gue ngerasa Indonesia semakin hari semakin maju dengan adanya orang2 pinter yg emang ngebantu buat majuin Indonesia.. Kalo emang negara ini ga maju, ga bakalan ada yg namanya Mall2 mewah dimana2, tapi kalo kata guru IPS gue pas smp, Indonesia itu adalah negara yg berkembang, iyalah, kekurangan pekerjaan dan penuhnya populasi juga salah satu yg bikin Indonesia kebanyakan org yg jadi pengangguran. Dan baru tersadari dari benak gue bahwasanya seperti biasa gue semakin random dalam menyelesaikan sebuah post-an-___-
OHYA! nyambung lagi ke masalah BBM, gue memulai post ini dengan membahas masalah BBM dan sekarang gue juga harus mengakhirinya dengan membahas masalah itu juga-.-
Berdasarkan kesotoy-an gue tadi, gue tidak sepenuhnya benar dengan penilaian gue terhadap negara ini, maklum kan pendapat sendiri.... Barusan gue nanya ke Adolf Hitler, "Yah, kenapa BBM naik?" dengan jelas dan cermat Adolf Hitler menjawab, "karena minyak dunia juga naik. Selain kita pake Minyak sendiri kan sebagian besar kita juga nge-import bahan bakar dari luar. Minyak dunia naik mau ga mau minyak disini juga pasti harganya naik. Premium itu kan bahan bakar yg bersubsidi, jadi giniloh, misalkan harga asli Premium itu 10ribu nah pemerintah itu ngesubsidiin 5ribu, jadi bahan bakar yg dijual itu cuma 5ribu. Nah sekarang kan minyak dunia naik, tarolah itu naik jaid 12.500, pemerintah kan harus bersubsidi 2.500, maksudnya harganya dinaikin itu juga supaya pemerintahan sisa dari uangnya itu dibagiin buat masyarakat yg kurang mampu..." "terus kenapa minyak dunia bisa naik harganya?" "ya soalnya kan dari negara2 yg memproduksi minyak pada bergejolak, kaya Iran, Arab, itu pada bergejolak, ya mungkin salah satunya karena minyak udah susah buat diproduksi makanya harganya jadi naik." NAH! sudah lumayan puas gue dengan jawaban dari Adolf Hitler. Barusan juga denger berita di MetroTV yg ngomongin tentang Pasal 7 ayat A yg akan berubah menjadi Pasal 7 ayat 6A Rancangan Undang-Undang APBN, Katanya sih itu adalah Pasal Siluman, huahaha kerenkerenkeren julukannya horror. Terus juga gue baca kutipan tentang pasal ini dari Detik.com, Didalem Pasal 6A disebutin: "Dalam hal harga rata-rata minyak Indonesia dalam kurun waktu berjalan mengalami kenaikan atau penurunan lebih dari 5% dari harga minyak internasional yang diasumsikan dalam APBN-P tahun anggaran 2012, pemerintah berwenang untuk melakukan penyesuaian harga BBM bersubsidi dan kebijakan pendukung." Kata Arwani kalo Pasal itu disetujuin sama DPR, maka pemerintah memiliki wewenang melakukan penyesuaian harga mau diturunin ataupun dinaikkin. Kalo tanpa perangkat aturan ini, pemerintah tidak memiliki kewenangan penyesuaian harga... Katanya sih udah ada 6 fraksi yg menyetujui usulan penambahan pasal itu, Demokrat, Golkar, PKS, PAN, PPP, dan PKB. Gue rasa kalo ada pasal sisipan kaya gini harga BBM emang bakal naik. Kesannya fraksi nolak kenaikan BBM tapi tiba2 mereka nambahin pasal 6A yg artinya menyerahkan kepada pemerintah. HUFT! selamanya gue benci tentang pasal2an....
Kenaikan BBM itu emang bakalan jadi Perang Politik yg gempar ditahun 2012 ini. Masalah masyarakat dan pemerintahan emang ga bakalan ada abisnya.. So, kita tunggu aja apa keputusan pemerintah selanjutnya. Dan gue rasa post ini akan menjadi post terpanjang gue di blog ini-_- jgn bosen ya bacanya hehe-_-v Okey, kita akhiri ini sampai kita tau kabar selanjutnya. Bena pergi, kata kakak 'Slank': Damai. (///_-)\m/