Tanakita Camp: Tips dan Lainnya.

Udah baca cerita sebelumnya? Kalau belum, baca di sini yaa! ;D

Buat yang minat camping di Tanakita, ini dia infonya untuk pemesanan dan lainnya:
Tanakita Five Stars Camp
PT. Rakata Alam Terbuka
Jalan Lamandau IV, no. 17
Kebayoran Baru, Jakarta 12130
+62 21 720 0469 / +62 813 1113 5064

Untuk harga menginapnya sih Rp. 550.000,00/orang/malam. Eits, emang kedengerannya sih mahal ya kalo tau harga segitu hanya untuk satu orang. Tapi, harga itu udah termasuk makan 3x, ngemil 2x, minum sepuasnya, dan high ropes / trekking. Oya, harga sudah termasuk tenda dan perlengkapan yang ada didalamnya loh..

Kalo mau nyobain river tubing sih dikenain biaya lagi, nambahnya Rp. 150.000,00/orang.


Oiya, gue mau ngasih sedikit (banyak dikit) tips buat kalian yang mau ke Tanakita;
1. Jangan kesini pas musim ujan. Pasti jadi males mau ngapa-ngapain, bawaannya pengen tidur aja.

2. Kalo ngga bawa anak kecil, ngga usah terlalu ribet bawa banyak hal. Buat yang suka sama udara dingin sih, udara di Tanakita masih ngga terlalu nyelekit lah kalo kena kulit. Tapiii, gue saranin sih bawa aja jaket/sweater/baju dingin. Kondisi cuaca disini rata-rata 20° – 22° C (siang hari), dan 18° – 20° C (malam hari).

3. Yang perlu dibawa: Perlengkapan mandi (handuk, toiletries, dan sendal buat mandi (kalo kalian 'iyuh' nginjek bebatuan)), lotion anti nyamuk, baju ganti (of course), uang cash buat jajan dan semacamnya, cemilan (nah ini, kalo mau bawa marshmallow dan stik buat dibakar pas api unggunan, biar kaya Spongebob :p).

4. Bawa baju dan celana yang sekiranya nyaman buat dipake beraktifitas. Sangat disarankan buat jauh-jauh dari celana berbahan jeans, dan coba buat lebih melekat pada pakaian yang lebih comfortable. Kaya celana berbahan kain, dan baju seperti kaos atau yang jauh dari kata ribet dan jadi bikin nggak nyaman sendiri. Because, Ladies, kita mau Camping, menikmati alam dan sedikit berpetualang. Bukan mau fashion show, atau menarik perhatian seseorang, kan? Kecuali kalo kita mau menarik perhatian Surili Jawa yang (kalau beruntung) bisa kita liat dijalan arah mau ke danau Situ Gunung. Xixixixi :p

5. Bawa/pake sepatu keds. Ini yang penting nih, apalagi kalo kalian mau ngelakuin aktifitas disini (seperti trekking, high ropes, atau river tubing).

6. Bawa selimut tambahan. Kalo gue sih emang udah jadi kewajiban tersendiri buat bawa selimut, sejenis selimut bali aja gitu yang tipis, tapi hangat..//emot peluk//

7. Selain selimut, gue juga selalu bawa minyak kayu putih, se-la-lu. Kalo ngga minyak kayu putih, minyak telon juga nggapapa. Cuma kaya lebih 'ngepek' pake minyak kayu putih sih, angetnya lebih gimanaaa gitu. Penting nih bawa minyak kayu putih, buat dipake sehabis main basah-basahan buat mengantisipasi biar ngga masuk angin.

8. Oya, jangan lupa bawa obat-obatan pribadi. Kalo perlu bawa tambahan obat masuk angin.

9. Bawa tissue deh, entah tissue kering atau basah. Karna pasti tissue dibutuhin buat entah-apapun-itu.

10. Bawa iPod/mp3 juga boleh, buat jaga-jaga aja siapa tau bosen kan pas mau tidur tapi masih belum bisa tidur gitu.

11. KAMERAAAAA!!!! Ini nih yang perlu, wajib, kudu, mesti dibawa! HARUS!! Bawa camcorder / action cam juga, apalagi kalo mau bikin vlog kaya saya hihi.

12. Check in jam 14.00, dateng lebih pagi lebih baik, mengingat traffic yang suka tak terduga.

13. Buat yang nyari pake GPS, ini nih titik koordinat Tanakita Camp: S. 06 50' 14.3" - E. 106 55' 27.1"


Ohya ini nih beberapa hal yang perlu diketahui juga sebelum ke Tanakita ini;
1.  Transportasi ke Tanakita.
     Gue saranin sih mendingan kalo kesini naik kereta aja. Selain alasan utama adalah buat ngindarin macet, seengganya kalo naik kereta bisa sedikit lebih menghemat waktu dan tenaga (kalo tenaga sih biasanya buat yang nyetir kendaraan pribadi).

Buat harga tiket keretanya bisa di cek sendiri di kereta-api.co.id.

2. Lokasi tenda di Tanakita.
    Ada tiga lokasi tenda di Tanakita ini;
Yang pertama, lokasinya dekat dengan main area untuk api unggun dan tempat makan/minum. Kalo bisa dibilang sih lokasi ini adanya dibagian atas.

Yang kedua, lokasinya berada dibagian tengah. Dibagian depan tenda ada area yang luas buat bermain. Kebetulan gue milih tenda di lokasi ini, karena lebih deket sedikit sama kamar mandi hihi.

Dan yang ketiga, lokasinya ada di paling bawah. Lokasi ini bisa dibilang lokasi yang paling sepi. Rada repot juga sih kalo lagi ujan, karena lokasinya lumayan jauh dari main area. Tapi di area ini terdapat coffee break yang ngga jau dari tenda.

Di Tanakita ini sistemnya "siapa cepat, dia dapat". Jadi, kalo mau kesini (terutama pas lagi musim liburan dan lagi rame-ramenya), gue saranin sih dateng lebih pagi aja kalo kalian mau milih lokasi yang terbaik..

3. Aktifitas di Tanakita.
    Awalnya sih sempet mikir, "bakal bosen ngga yaa?", tapi ternyata pas sampe disana udah sibuk sendiri deh bikin vlog dan foto sana foto sini.

Selain menyibukkan diri dengan nge-vlog, di Tanakita ini kita bisa;
- Trekking dan menikmati sore di danau Situ Gunung.
Ahsedaaaaap. Sore hari jalan ke danau yang disepanjang jalannya disajikan pemandangan hutan-hutan dan udara yang bersih serta sejuk. Belum lagi pas udah sampe di area danau Situ Gunung ini, beeeeeeuh, rasanya pengen tidur disini! (meskipun tau itu mustahil sekali-_-). Sumveh deh, pemandangan di danau Situ Gunung ini ngga-akan-pernah-bisa-ditemuin-di-Jakarta. Udaranya juga, ngga bakal sebersih ini! Ahh, nikmat Tuhan-mu yang manakah yang kamu dustakan banget kalo begini..

- Api Unggun.
Setelah pulang dari danau, kita nyemil-nyemil cantik sembari ngeliatin api unggun yang mulai dinyalain. Hangaaaat! Tapi emang dasarnya gue ajasih yang dari dulu ngga pernah betah buat duduk deket api unggun, suka kepanasan dan risih sendiri kalo kena asepnya-_- Tapi serunya pas udah malem sehabis makan, kita semua pada duduk ngelilingin api unggun ini sambil nyanyi-nyanyi diiringi gitar dan gendang. Seru seru seru!

- Trekking malam hari.
Atau lebih tepatnya nyari kunang-kunang dan jamur glow in the dark (katanya sih gitu). Gue sih ngga ikutan trekking malem ini, cuma dua abang sepupu gue aja yang jalan. Guesih lebih milih menikmati api unggun, seengganya untuk menghindari adanya 'gangguan-gangguan' serangga yang mungkin akan semakin liar di malam hari (karna ngga keliatan)-_-.

- Membuat pancake untuk sarapan.
Nah, yang ini juga seru nih. Paginya, sembari nunggu "makanan besar" selesai dimasak, kita bisa membuat pancake sendiri ditemani seorang staff di Tanakita ini. Lumayan buat ganjel-ganjel perut ala-ala bule, hihihi.

- High Ropes.
Apasih yang ngga seru di Tanakita ini? Ya selain adanya serangga yang berkeliaran-_-. Sehabis sarapan, kita siap-siap buat high-roping. Yayy! Ini nih salah satu aktifitas yang sudah termasuk biaya nginep disini. Lokasinya ngga jauh dari camp ground, searah kok sama pas trekking ke danau Situ Gunung..

- River Tubing.
Kalo aktifitas-aktifitas yang diatas tadi udah termasuk semua sama biaya awal, nah aktifitas yang satu ini nih yang harus nambah biaya tapi wajib banget buat dicobain. Yup, river tubing!


Sudah siap Glamping di Tanakita? Overall sih saya terkesan sekali dengan pengalaman yang di dapat setelah camping ditempat ini. Pastinya sih berniatan buat balik ke tempat ini lagi dengan formasi keluarga yang lebih lengkap dan rame pastinya hihi aamiin.. ;D



Postingan terkait :
Tanakita Camp: Glamorous Camping!
Tanakita Camp: Having Fun with the Nature
Tanakita Camp: High Ropes & River Tubing!

No comments:

Post a Comment