Tanakita Camp: Having Fun with the Nature

Udah baca post-an sebelumnya? Kalau belum, baca di sini ya! ;-)

It's review time!
Setelah "bertempur" selama kurang-lebih 3 jam perjalanan, akhirnya kita sampai di Tanakita Camp, yayyy so excited!

Sebenernya ngga gitu kaget lagi sama kondisi tempatnya, karena sebelum kesini gue kaya udah dikasih tau gitu gimana-gimana tempatnya. Dan ditambah lagi sebelumnya udah pernah ngecek websitenya.

Biasanya foto di web sama foto real berbanding terbalik banget kan? Well, ngga buat yang satu ini, Dorkies! Temapat ini bener-bener sama persis sama foto-foto di web-nya!

Udara yang bersih dan segar, ditambah pemandangan yang penuh dengan "warna hijau". So beautiful!

Kamar mandi! Ini dia nih yang salah satu tempat yang wajib banget buat di cek sebelum yang lain-lainnya. Pas nyobain masuk kamar mandi nih....jeng-jenggg, bener-bener bersih dan terawat sekali! It's really out of my expectation! Toiletnya putih, bersih, dan wangi. Nilai plus buat air panas yang juga tersedia untuk mandi ditempat ini.

Jarak dari tenda ke kamar mandi juga ngga jauh-jauh amat. Jadi ngga gitu nyusahin amat lah kalo tiba-tiba tengah malem kebelet pipis xixixi (padahal tetep aja bangunin orang satu tenda jam 3 pagi cuma buat nemenin ke kamar mandi-_-).


Tenda di Tanakita ini ada banyak banget. When I say a lot, I really mean a freakin' lot.


Awalnya udah kepikiran banget nih, yang namanya tidur di tenda, yang pasti baunya tuh bau lembab banget, udah gitu kasur sama bantalnya juga lembab, apalagi sleeping bag-nya bau apek.

Tapi semua pikiran-pikiran negatif itu ditepis sejauh-jauhnya setelah tau kenyataannya kalo di dalem tenda itu bener-bener bersih banget! Kasurnya bersih, sleeping bag-nya pun ngga bau apek, malahan wangi banget kaya habis di laundry! Aslideh, ngga nyangka banget.

Kebersihan kamar mandi, check! Kondisi tenda dan isinya, check!
Kalo udah begini, aktivitas di Tanakita ini-pun bisa dilakukan dengan sebaik-baiknya dan semaksimal-maksimalnya.


Kita nyampe di Tanakita ini sekitar jam 3-4an kalo ngga salah. Kita sholat-sholat dulu, ke kamar mandi dulu, terus foto-foto dulu (pastinya), sebelum kita lanjut buat trekking ke Situ Gunung.

"Geng Surili!" :p

Awalnya gue kira tempat ini bakalan penuh dan rame gara-gara hari libur. Cuma setelah gue mikir lagi, pas kita ke Tanakita ini pas hari Rabu-Kamis, dan pas itu juga bukan liburan sekolah, melainkan cuma guenya aja yang lagi libur kuliah xixixi. Kita kesini tanggal 29-30 Juli, catet tanggalnya kalo kalian ngga suka "rame-rame".

Setelah beres-beres semuanya, istirahat sebentar, kita langsung lanjut trekking! Yayy!
Yaa lumayan lah jalan 1 km-an dengan medan yang berbatu-batu, menanjak dan menurun. Lumayan banget buat orang yang ngga biasa jalan jauh....kaya gue. :">


Tapi yaaa jujur aja, perjalanan yang lumayan bikin ngos-ngosan dan kaki pegel ini kebayar sama pemandangan yang di dapet pas udah sampe di danau Situ Gunung ini. Indaaaaaaaaah sekali! Trust me, pemandangan seperti ini ngga bakalan bisa kita dapetin di Jakarta. Langka!


Selain cuma menikmati pemandangan yang disediakan oleh alam, kita juga bisa ngelakuin aktivitas lain seperti; mengelilingi danau dengan perahu, naik bebek-bebekan, dan yang lainnya...(padahal lupa apalagi) //duarrr//.


Setelah puas menikmati udara segar dan pemandangan yang indah, kita langsung cusss balik ke camp. Nah pas dijalan mau balik ke camp ini nih kita ngeliat Surili! Yup, Surili. Ada yang tau apa itu Surili? Well, for your info, Surili ini adalah salah satu spesies Monyet yang biasa ditemukan di Jawa Barat dan Jawa Tengah, maka dari itu Surili ini disebut juga dengan Surili Jawa.

Ngeliat Surili ini gelayutan diatas pohon juga suatu hal yang bisa dibilang untung-untungan. Buat kalian yang udah pernah liat Vlog gue edisi Tanakita ini, pasti kalian sering denger kita ngomong "Surili" dan bakal ngeliat "beep scenes" dengan gambar Surili, bukan Tapir seperti biasanya. Yup, mengingat sepertinya edisi kali ini adalah edisi special Surili dan sekalian ingin memperkenalkan Surili kepada siapapun yang menonton, so, why not? ;-3

Ini dia nih Surili Jawa yang di maksud.. (Source: Google)

Sesampainya di Camp, kita langsung disuguhin snack dan teh panas. Snack-nya ini nih yang dahsyat sekali, Pisang Goreng dan Ubi Goreng! Ditambah teh manis panas, kabut yang mulai turun sambil membawa udara dingin yang masih malu-malu ngegigit badan, dan api unggun yang udah mulai dinyalain. Ahsedhaaaaaaapppp!!


Setelah nyemil-nyemil cantik, kita mandi-mandi sore dulu, sholat maghrib, ganti-ganti baju, istirahat sebentar, terus jam 7 malam kita langsung makan malam. Wooooh, ini nih yang ditunggu-tunggu!

Makan malamnya sejenis prasmanan. Menunya ada nasi (of course), Ayam Bakar, Ikan Gurame, Capcay, Bakso, dan Kerupuk serta Sambal. Yum!

Alas makannya rotan berdaun pisang. Selesai makan, sisa makanannya buang sendiri di tempat sampah yang sudah disediakan. Begitu juga piringnya, simpan di wadah yang Tanakita sudah siapkan. Setengah self-service, tapi ngga begitu merepotkan kalo kita emang udah terbiasa bersih-bersih. ;D


Acara malam setelah makan dilanjutkan dengan duduk-duduk disekitar api unggun. Ini nih yang ditunggu-tunggu, api unggun ditambah gitar buat nyanyi-nyanyi. Perfect! Kehangatan makin terasa dengan adanya keluarga disekitar. Ah, what a beautiful night..

Ohya! Disini juga ada live music ala-ala Tanakita yang juga ikut menemani malam kita bersama api unggun disini. Yang perform juga orang-orang dari Tanakita ini. Ramah-ramah sekali orangnya, sekitar ada 6 orang kalo ngga salah. 2 main gitar, 1 main gendang, 3nya lagi nyanyi atau sekedar ikutan nimbrung. Ada satu gitar yang nganggur, dan akhirnya diambil alih sama abang sepupu gue hihihi.


Sekiranya jam-jam 9an malam, kita disuguhin lagi sama cemilan-cemilan. Lupa saya apa cemilannya, karna ngga ikutan makan. Tapi kalo ngga salah sih ada Jagung Bakar, Ketan Bakar (yang kata Abang saya ini enak banget rasanya), ditambah juga ada Bandrek/Bajigur. Wuuuh, makin hangat deh ya.

Ohya, untuk air panas, teh, dan juga kopi, tersedia 24 jam disini. Jadi bisa minum yang hangat-hangat kapan aja dan sepuasnya deh.


Lumayan lama juga kita nyanyi-nyanyi sambil ngeliatin api unggun. Kita baru tidur sekitar jam 12an kalo ngga salah. Sudah bersih-bersih, cuci muka, cuci kaki, sikat gigi, dan siap untuk tidur!

Rada was-was juga awalnya takut digigitin nyamuk. Gue termasuk anak yang sering banget digigit nyamuk disaat orang-orang disekitar gue pada santai-santai aja karna pada ngga bentol-bentol dan gatel-gatel karna gigitan nyamuk. But, believe it or not, gue sama sekali ngga ngerasain gigitan nyamuk ditempat ini. Satu-dua bentol it's okay lah, tapi itupun juga ngga terlalu gatel dan ngga ngeganggu juga..

Ceritanya pas malem udah siap pipis biar nantinya ngga harus bangun-bangun lagi buat ke kamar mandi. Tapiiiii, ekspektasi tak sesuai dengan realita. Jam setengah 4an pagi gue kebangun karna tiba-tiba aja gitu kebelet pipis. Duh! Alhasil mau ngga-mau harus bangunin Bunda buat nemenin ke kamar mandi..

Iya iya gue penakut, gue cuma takut gelap kok udah itu aja-_- Meskipun disini lampu kamar mandi selalu nyala, ya ngga 24 jam juga sih kalo pagi siang pasti dimatiin, tapi tetep aja gue takut...entah karna judulnya "kamar mandi" atau ini "kamar mandi" dan kita di "gunung" //plak!//

Anyway, setelah kebangun jam setengah 4 itu gue ngga ada rasa pengen tidur lagi, jadi yaa tiduran aja gitu pake sleeping bag sambil nge-browsing segala hal. Pas adzan Subuh, setelah sholat, gue mutusin buat keluar tenda dan nikmatin udara yang dingin dan super-dooper seger banget pagi ini.


Ohya!! Gue pengen sedikit menceritakan ajanih pengalaman gue disini tentang.....Tawon. Yup, Tawon. Tadinya gue berfikiran buat ngga nyeritain tentang ini, tapi kali aja salah satu diantara kalian ada yang punya pengalaman buruk juga terhadap makhluk menyengat yang satu ini..

Karena waktu dulu sempet dua kali pernah disengat sama Tawon. Ya, dua kali, disengat sama Tawon. Wonderful //duh!//. Jadinya sekarang gue phobia dengan segala sesuatu hal yang "menyengat". Binatang, terutama segala hal jenis serangga yang menyengat. I freakin' hate it.

Ngga heran sih kalo disini banyak serangga, secara gitu ini di gunung, dan banyak pepohonan. Jadi yaa, gue rada lupa sih sebenernya kalo dua hal itu adalah alasan utama kenapa disini banyak sekali serangga. Di-ma-na-ma-na. Yep.

Jadi yaa, sangatlah disarankan buat kalian yang juga phobia banget sama serangga, especially Tawon, Sangatlah disarankan untuk menyiapkan mental yang cukup, bahkan lebih kuat buat ngadepin serangga-serangga yang ada disini-_-

 Anyway, pagi ini diawali dengan gue "dikejar-kejar" Tawon //sigh//. Teriakan gue sekiranya ngebangunin orang-orang yang ada di tenda. Bukan cuma tenda gue, tapi tenda-tenda yang lain juga (I'm so sorry..). Untung aja satu Tanakita isinya 90% cuma dari keluarga gue doang, so, that's must be okay hihihi.


Sarapan? Tenaaang. Sambil nungguin "sarapan besar" selesai dimasak, kita bisa masak-masak pancake lucu sebagai makanan pembuka.



Baca cerita selanjutnya:
Tanakita Camp: High Ropes & River Tubing!

No comments:

Post a Comment