۞Taraweeh۞

Oy, Dorkies! Welcome back to another episodes of #DORKspecialRamadan. o:-) Hmm gue telah memikirkan apa yg harus kita bahas sekarang. Daaaaan, pada kesempatan kali ini gue akan ngebahas tentang pengertian&manfaat dari Shalat Tarawih..
Shalat Tarawih sendiri adalah, seperti yg kita tau, Shalat sunnat yg dilakukan khusus hanya pada bulan Ramadan. Dalam bahasa Arab, Tarawih adalah bentuk jama' dari kata Tarwihah yg artinya "waktu sesaat untuk istirahat". Waktu pelaksanaan Shalat sunnat ini adalah sehabis Shalat Isya, biasanya juga dilakukan secara berjama'ah di mesjid-mesjid.

Hikmah apa ajasih yg bisa kita dapet dari Shalat Tarawih ini?
1. Shalat Tarawih adalah ibadah untuk menghidupkan malam Ramadan dan mendekatkan diri kepada Allah S.W.T
2. Kita dapat menggunakan Shalat Tarawih untuk menghafal surah-surah Al-Qur'an.
3. Mengharapkan kerahmatan dan keampunan Allah S.W.T
Rasulullah S.A.W bersabda; "Siapa yang melakukan sholat malam pada bulan Ramadan karena keimanan dan mengharapkan keredaan dan keampunan Allah semata-mata, maka diampunkan segala dosanya yang lalu.." (HR. Bukhari & Muslim)

Selain hikmah yg bisa kita dapetin tadi, Shalat Tarawih ini juga ternyata baik banget buat kesehatan tubuh kita. Beginilah menurut Dr. Ibrahim B. Syed tentang manfaat dari Shalat Tarawih;
1. Menjaga kebugaran Fisik.
Dikatakan bahwa Shalat Tarawih dapat meningkatkan daya tahan, stamina, dan fleksibilitas tubuh dan mampu menghasilkan efek yg sama seperti ketika kita berolahraga, jogging, atau berjalan. Namun tanpa efek samping.
2. Baik untuk tubuh lansia.
Nah, buat orang yg udah lanjut usia, cenderung sering mengalami gangguan pada tubuh (pegal, osteoporosis, dll.). Gangguan seperti ini juga bisa dicegah melalui Shalat Tarawih. Kenapa bisa? Karena, kekuatan otot, tendon, fleksibilitas sendi, dan respon kardiovaskular bisa meningkat dengan melakukan gerakan Shalat secara berulang..
3. Membantu program diet.
Nahini nih, emang bener deh bulan Ramadan adalah bulan yg sangat amat membantu sekali buat kalian yg mau lebih lancar ngejalanin program diet secara sehat! Gimana caranya? Dengan Shalat Tarawih dong tentunya.. Shalat Tarawih ini bisa membantu membakar kalori dalam tubuh, jadi berat badan kita bisa tetap terjaga. Apalagi makanan yg kita konsumsi saat berbuka puasa (kecuali sayur&buah) sangat berpotensi meningkatkan berat badan. Jadi, dengan Shalat Tarawih, meningkatnya berat badan kita dapat dicegah.
4. Menenangkan hati dan perasaan.
Kenyataannya adalah, Shalat emang mirip sama olahraga. Kenapa gitu? Seperti yg kita tau, olahraga bisa ningkatin suasana hati dan kualitas hidup sekaligus mengurangi kecemasan dan depresi; sama halnya dengan Shalat. Dengan Shalat Tarawih dan melafalkan do'a dan ayat Al-Qur'an, akan memicu relaksasi yg bisa menurunkan tekanan darah, tingkat pernapasan dan denyut jantung sehingga hati akan terasa lega dan lebih tenang. o:-)
5. Menghindarkan stress pikiran.
Siapapun kalian yg pikirannya gampang sterss, Shalat adalah jalan keluar terbaik atas segala hal yg terjadi. Per-ca-ya-lah. Terutama gerakan sujud yg dilakukan berulang kali saat Shalat Tarawih akan membantu meningkatkan kadar oksigen dalam otak. Semakin banyak oksigen, maka otak akan terasa lebih segar dan tidak akan terserang stress.
Jadi intinya Shalat Tarawih itu cuma sekedar "ritual" semata, tapi ada dampak positifnya juga buat kesehatan kita. So, bulan puasa itu bener-bener bulan yg bermanfaat banget buat kita, selain mendapat pahala, kita juga mendapat kesehatan baik rohani maupun jasmani.. Jadi sebisa mungkin jangan sia-siain bulan suci yg cuma dateng setahun sekali ini ya, Dorkies! Percayalah bila kita ga memanfaatkan bulan ini dengan sebaik-baiknya, maka kita udah menyia-nyiakan beribu kebaikan yg udah Allah kasih buat kita. o:-)

Rasulullah S.A.W bersabda; "sesungguhnya Allah mewajibkan puasa Ramadan dan aku menyunnahkan bangun (shalat di malam harinya)." Abu Hurairah berkata, "Dahulu Rasulullah Shallallahu'Alaihi Wasallam menganjurkan Shalat Tarawih tanpa memaksa.." kemudian Rasulullah S.A.W bersabda, "Barangsiapa bangun pada bulan Ramadan dengan penuh keimanan dan rasa harap, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yg telah lalu."

Gue inget banget nih waktu itu sempet dikasih tau gitu tentang hadist yg menyatakan 30 keutamaan Shalat Tarawih. Kalo ngga salah hadist ini disebutkan oleh Syaikh Al-Khubawi dalam kitab Durroton Nashihiin. Kira-kira begini isi hadist tersebut;
Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu'anhu berkata bahwa Rasulullah S.A.W pernah ditanya tentang keutamaan Shalat Tarawih pada bulan Ramadan, maka Rasulullah S.A.W bersabda:
- Malam pertama, orang mukmin dihapuskan dosanya seperti saat dia baru dilahirkan oleh ibunya.
- Malam kedua, ia dan kedua orang tuanya diampuni, jika keduanya mukmin.
- Malam ketiga, seorang malaikat berseru dibawah Arasy; "Mulailah beramal, semoga Allah mengampuni dosamu yang telah lewat.."
- Malam keempat, akan memperoleh pahala seperti pahala membaca kitab Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Qur'an.
- Malam kelima, Allah Ta'ala memberikan pahala seperti pahala orang yang shalat di Masjid al-Haram, Masjid Madinah, dan Masjid al-Aqsha.
- Malam keenam, Allah Ta'ala memberikan pahala seperti orang yang ber-thawaf di Baitul Makmur dan dimohonkan ampun oleh setiap batu dan cadas.
- Malam ketujuh, seolah-olah ia mencapai derajat Nabi Musa A.S dan kemenangannya atas Firaun dan Haman.
- Malam kedelapan, Allah Ta'ala memberinya apa yang pernah dia berikan kepada Nabi Ibrahim A.S.
- Malam kesembilan, seolah-olah ia beribadah kepada Allah Ta'ala sebagaimana ibadah Nabi Shallaullahu'alaihi wa sallam.
- Malam kesepuluh, Allah Ta'ala mengaruniai dia kebaikan dunia dan akhirat.
- Malam kesebelas, ia keluar dari dunia seperti ia dilahirkan dari perut ibunya.
- Malam keduabelas, ia datang pada hari kiamat dengan wajah bagaikan bulan di malam purnama.
- Malam ketigabelas, ia datang di hari kiamat dalam keadaan aman dari segala keburukan.
- Malam keempatbelas, para malaikat datang seraya memberi kesaksian untuknya bahwa ia telah melakukan shalat Tarawih, maka Allah tidak menghisabnya pada hari kiamat.
- Malam kelimabelas, ia di doakan oleh para malaikat dan para pemikul Arsy.
- Malam keenambelas, Allah menerapkan baginya kebebasan untuk selamat dari neraka dan kebebasan masuk ke dalam Surga.
- Malam ketujuhbelas, ia diberi pahala seperti pahala para Nabi.
- Malam kedelapanbelas, seorang malaikat berseru, "hai hamba Allah, sesungguhnya Allah Ridha kepadamu dan kepada ibu bapakmu."
- Malam kesembilanbelas, Allah mengangkat derajatnya dalam Surga Firdaus.
- Malam keduapuluh, Allah memberi pahala para Syuhada (orang-orang yang mati syahid) dan Shalihin (orang-orang yang shaleh).
- Malam keduapuluhsatu, Allah membangun untuknya gedung dari cahaya.
- Malam keduapuluhdua, ia datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari setiap kesedihan dan kesusahan.
- Malam keduapuluhtiga, Allah membangun untuknya sebuah kota di dalam Surga.
- Malam keduapuluhempat, ia memperoleh 24 doa yang dikabulkan.
- Malam keduapuluhlima, Allah Ta'ala menghapuskan darinya azab kubur.
- Malam keduapuluhenam, Allah mengangkat pahalanya selama 40tahun.
- Malam keduapuluhtujuh, ia dapat melewati Shirath pada hari kiamat, bagaikan kilat yang menyambar.
- Malam keduapuluhdelapan, Allah mengangkat baginya seribu derajat dalam Surga.
- Malam keduapuluhsembilan, Allah memberinya pahala seribu haji yang diterima.
- Malam ketigapuluh, Allah berfirman; "Hai hamba-Ku, makanlah buah-buahan Surga, mandilah dari air Salsabil, dan minumlah dari telaga Kautsar. Akulah Tuhanmu, dan engkau hamba-Ku."

Nah perlu diketahui juganih kalo hadist tersebut ternyata adalah hadist yg palsu atau munkar. Berikut ini beberapa indikasi dari kepalsuan hadist tersebut:
1. Pahala yg terlalu besar untuk amalan yg sederhana. Misalkan pada lafadz "diberi pahala seperti pahala para Nabi". Hal itu jelas mustahil banget terjadi karena sebanyak apapun amalan ibadah manusia biasa, tentu tidak akan mampu menyamai pahala Nabi. Allah S.W.T berfirman; "Allah memilih utusan-utusan-(Nya) dari malaikat dan dari manusia. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar Lagi Maha Melihat." (QS. Al-Hajj [22]:75)
2. Hadist tersebut tidak terdapat dalam kitab-kitab hadist yg mu'tamad. DR. Lutfi Fathullah mengatakan, "Jika seseorang mencari hadist tersebut di kitab-kitab referensi hadist, niscya tidak akan menemukannya." Hal itu pula yg mengindikasikan bahwa hadist tersebut adalah hadist palsu.
Rabi' bin Hutsaim Rahimahullah mengatakan, "sesungguhnya hadist itu memiliki cahaya seperti cahaya di siang hari, sehingga engkau dapat melihatnya. Dan memiliki kegelapan seperti gelapnya malam, sehingga engkau mengingkarinya.."

Setelah mengetahui lemahnya hadits tersebut, maka hendaklah para penulis dan penceramah meninggalkannya, karena dikhawatirkan akan masuk dalam sabda Rasulullah S.A.W dalam sebuah hadits mutawatir; "Barangsiapa yang berdusta atas nama ku dengan sengaja, maka hendaknya dia bersiap-siap mengambil tempat di Neraka".
Para ulama mengatakan; "Dalam hadist yang shahih, terdapat kesibukan dari hadist yang lemah".

Meskipun hadist ini sempat dibilang sebagai hadist yg lemah, tapi meskipun begitu yaa itung-itung biar kita jadi lebih semangat kan sholatnya? Xixixi. Eits, tapi inget ya Dorkies, segala sesuatu halnya itu harus diawali dengan nawaitu. Dan inget, kalo atas nama ingin beribadah kepada Allah, harus dilakukan dengan ikhlas dan sepenuh hati tanpa mengharapkan imbalan apapun. Jadi jangan jadikan hadist tersebut sebagai alasan kita untuk bersujud kepada-Nya yaa. Apalagi sekarang udah tau kalo dikatakan hadist itu adalah hadist yg palsu.. ;-)

Keutamaan Shalat Tarawih menurut hadist yg shahih adalah, Rasulullah S.A.W bersabda; "Barangsiapa melakukan qiyam (Shalat Tarawih) Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Bukhari & Muslim)
Selain itu, Rasulullah S.A.W pernah mengumpulkan keluarga dan para sahabatnya, lalu beliau bersabda; "Siapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh." (HR. An-Nasai dan dishahihkan oleh Syaikh al-Albani)

Well then, sekian duluya Dorkies postan hari ini. Semoga Allah selalu melimpahkan karunia-Nya kepada kita semua, dan menjaga lisan-lisan kita dari perkataan dusta, apalagi berdusta atas nama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Wallahu a’lam..
InshaAllah, I will talk to you guys again very very soon! May Allah always bless us and happy fasting! O:-)

No comments:

Post a Comment