Deja Vu.

kalian semua pasti pernah dengerkan apa yg namanya Deja Vu? atau pasti diantara kalian ada yg sering ngalamin hal2 ini? sip, kita sama. gue juga sering ngalamin yg namanya Deja Vu. Setau gue Deja Vu itu kaya, gue ngalamin suatu kejadian, tapi perasaan gue udah pernah ngalamin itu sebelumnya. Contohnya, kaya gue baru pertama kali ngeliat suatu rumah, tapi perasaan gue kaya rumah itu tuh udah familiar bgt gitu. Kejadian ini sering bgt gue alamin, habis itu gue ngerasa langsung asing bgt haha. Gue nemu sebuah artikel yg ngejelasin tentang suatu fenomena misterius ini (ciegile) dari blogspotnya Terselubung.
mungkin emang udah banyak yg tau nama 'Deja Vu' ini tapi gue sendiri juga gatau arti dari kata Deja Vu ini apa. Sebenernya Deja Vu ini asalnya dari bahasa Prancis yang artinya "telah melihat". Nama Deja Vu sendiri dipake pertama kali sama ilmuwan Prancis, Emile Boriac yg juga lagi mempelajari Fenomena tahun 1876.
Pas kejadian Deja Vu itu, kita ngenalin sesuatu yg lagi kita hadapi. Tapi gatau kapan dan dimana kita ngalaminnya. 60 sampe 70 persen manusia di bumi pernah ngalamin Deja Vu minimal sekali, gatau itu dari pandangan, suara, rasa, atau bau. Jadi kalo kalian sering ngalamin Deja Vu, seengganya kalian ga sendirian ;p


pernah liat gambar di atas? Yup! gambar diatas adalah ilustrasi "puncak gunung es" yg terkenal ituloh. Katanya sih para ahli Otak sering pake gambar ilustrasi tersebut untuk menunjukkan seperti apa pikiran kita yg sebenernya. Jadi penjelasannya gini, Permukaan air adalah batas kesadaran kita. Pikiran sadar kita adalah bongkahan yg muncul diatas permukaan laut. Nah bongkahan raksasa yg ada di dalem laut itu adalah pikiran bawah sadar kita. Menurut mereka, sebagian besar informasi yg kita terima kesimpen di pikiran bawah sadar kita dan belom muncul ke permukaan. Nah, prinsip ini adalah kunci terpenting dari Deja Vu.

Sigmund Freud yg dijulukin sebagai bapak psikoanalisa pernah meneliti fenomena ini terus dia percaya kalo seseorang bakal ngalamin Deja Vu kalo dia secara spontan nginget dengan sebuah ingatan bawah sadarnya. Gara2 ingatan itu ada di area bawah sadar, isi ingatan itu gak muncul karena dihalangin sama pikiran yg sadar, tapi perasaan familiar-nya itu bocor keluar. 
Walaupun gak nakutin kaya fenomena Doppelganger yg juga sering dihubungin sama aktifitas otak, Deja Vu tetep dianggep sebagai fenomena yg superduper misteriusnya. Dan walaupun juga gue sampe sekarang masih belom terlalu ngerti sama penjelasan Deja Vu itu sendiri, tapi gue rasa Sigmund Freud udah mecahin misterinya. B-)

No comments:

Post a Comment